A blog site for random picks and stories.

Not Just Say "Hard" But Give It A Little Sparks Of "Style"

Inilah dia seseorang dibalik perusahaan besar ternama Oracle

Larry Ellison
Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarokatuh.


Hello semuanya kembali lagi bersama saya Sang Penulis *aseeek*. ya kali ini ana mau berbagi informasi ke ikhwan dan akhwat yang buka blog ini. Jadi informasi kali ini ialah sebuah biografi atau profil atau juga riwayat hidup pendiri perusahaan berbasis database nyang terkenal di dunia yakni Oracle. Yuk intip kebawah...!

PROFIL

Larry Ellison
Nama lengkap : Lawrence Joseph Ellison
Lahir : 17 Agustus 1944 , Manhattan, New York City, A.S.
Pekerjaan : Wakil Pendiri & CEO Oracle Corporation
Pasangan : Adda Quinn (nikah 1967–74), Nancy Wheeler Jenkins (nikah 1977–78), Barbara Boothe (nikah 1983–86) & Melanie Craft (nikah 2003)
Anak : 5
Situs web : Ellison.Oracle.com

BIOGRAFI

Larry Ellison lahir di Amerika pada tanggal 17 Agustus 1944. Masa kecilnya bisa dibilang tidak menyenangkan. Sejak usianya yang ke 9 bulan, ia telah divonis pneumonia atau radang paru-paru. Karena dengan keadaannya inilah, ia akhirnya diadopsi oleh paman & bibinya yang berdomisili di Chicago. Bersama dengan kedua orang tua angkatnya, ia menjalani masa kecilnya. Kehidupan mereka cukup tenteram.

Ia kemudian masuk sekolah tingkat dasar di Eugene Field Elementary School. Dan melanjutkan sekolah ke Sullivan High School & pindah ke South Shore. Dan selama di sekolah, ia dikenal sebagai murid pintar & cerdas. Nilainya cukup bagus, apalagi nilai matematikanya. Namun sayangnya, ia dikenal cerdas & aktif mulai berubah tingkah setelah mengetahui bahwa kedua orang tua yang mengasuhnya ini bukan orang tua kandungnya.

Sikapnya yang berubah tidaklah berpengaruh pada prestasinya di sekolah. Ia berhasil lulus dengan baik & melanjutkan pendidikan ke Fakultas Fisika Universitas Illinois, Urbana-Champaign. Dan sayangnya, ia harus berhenti kuliah dikarenakan ibu angkatnya yang selama ini membiayainya meninggal dunia. Dan akhirnya ia pun kemudian mencari kerja serabutan untuk bertahan hidup bersama sang ayah. Dan ia kembali mencicipi kuliah di Universitas Chichago. Dan lagi-lagi ia tidak bertahan lama. Gara-gara masalah biaya, dan akhirnya hanya bertahan selama enam bulan di kampus ini.

Karena termotivasi untuk terus hidup, ia kemudian mengikuti kursus komputer. Dengan modal kursus, ia pun mencoba melamar ke berbagai perusahaan. Dan sayangnya, banyak perusahaan yang ia lamar tidak membuahkan hasil. Namun usahanya pun tidak sia-sia. Ia akhirnya berhasil diterima di perusahaan Investasi Fireman Fund sebagai teknisi Komputer. Di tempat inilah, ia sering memperbaiki perangkat keras yang sering rusak. Ia juga menangani berbagai masalah yang terkait dengan perangkat lunak. Karirnya di perusahaan inilah yang akhirnya membawanya menjadi seperti sekarang.




Ia kemudian memutuskan untuk pindah kerja di Bank Wells Fargo. Di tempat ini ia masih menjadi seorang teknisi. Di tempat inilah ia dikenal sebagai pegawai yang cekatan. Dan sayangnya, ia jarang mendapatkan penghargaan. Ia pun kemudian lagi pindah kerja ke Ampex sebagai seorang Programmer. Di Ampex inilah, ia menemukan sebuah tulisan tentang teori Database relasional yang ditulis oleh Edgar F. Codd. Karena tulisan itu, ia berhasil menemukan ide untuk membangun sebuah bisnis yang mengusung konsep “Structured Query Language”, seperti apa yang ditulis oleh Edgar F. Codd. Ia pun berhasil mengaplikasikan konsep yang kemudian dikenal sebagai SQL tersebut ke dalam Sistem Database Server. Ia pun menamakan proyeknya ini dengan nama Oracle.

Proyek Oracle yang digagas olehnya yang kemudian berlanjut dengan berdirinya perusahaan Software Development Labs. Perusahaan ini didirikan oleh Larry Ellison, teman Larry, Ed Qates & juga bos Larry di Ampez yakni Robert Miner. Dengan hanya dengan modal US$ 2.000, perusahaan yang kemudian berubah lagi menjadi Oracle ini berhasil mendapatkan klien pertamanya yang luar biasa. Dan tidak tanggung-tanggung, klien perusahaan Oracle merupakan Dinas Intelijen Amerika Serikat, CIA. Setelah CIA, Oracle juga menangani badan atau perusahaan lainnya, termasuk Wright Patterson Air Force Base & IBM.

Pada perkembangannya Oracle berhasil membuat banyak produk-produk berbasis Non Database-Server. Dan di tahun 1990-an, perusahaan ini berhasil mengeluarkan produk berupa Application Server (Web DB, OAS), Development Tool (Oracle Developer, Oracle Designer), & Application Suite (Oracle Apps). Perusahaan ini menjadi terkenal. Meskipun sempat mencicipi masalah finansial, perusahaan ini tetap bertahan. Hal ini tentu berkat tangan dingin dari pimpinan Oracle yakni Larry Ellison. Oracle pun kemudian menguasai pasar Database Relasional.

Berkat usaha dan kegigihannya, Oracle pun kemudian dikenal sebagai perusahaan perangkat lunak kedua terbesar setelah Microsoft. Tentunya hal ini berimbas pada kekayaan Larry Ellison. Berdasarkan data pada tahun2010, Larry diperkirakan memiliki kekayaan hingga US$ 36 miliar. Tentu pencapaian ini merupakan hasil kerja keras dari seorang anak yang dulunya hanya seorang anak dari keluarga biasa saja.

Hmm... Keren juga ya beliau. Nah tadi itu profil dan biografi dari Larry Ellison. Sekarang dia berbagi tips ke kita nih gimana bisa sukses kaya beliau. Yuk intip kebawah !





Nah itu dia sedikit biografi tentang larry ellison. jika kalian punya pertanyaan ataupun masukan serta saran , tinggal commentar dibawah yaa. itupun kalo ada, kalo ga ada kirim kirim dm ke instagram ane oke... ! 

sekian dan terimakasih.

Sumber Referensi terbaik : 

Profil Lengkap




0 komentar:

Inilah dia seseorang dibalik perusahaan besar ternama Oracle